Panduan Instalasi Linuxmint 13 MATE

amrinz
  8 years ago
  2

Panduan ini saya tulis setelah sukses menginstallnya di notebook lama, Compaq 515 dengan prosesor AMD X2 64 Bit. Meskipun laptop ini bisa digunakan untuk instalasi Linux (atau OS lain) yang 64 Bit, saya memilih untuk menggunakan LinuxMint 13 Edisi MATE versi 32 bit saja. Sayang jika repository Ubuntu 12.04 sebesar 40 Giga lebih yang saya copy dari mas Herpiko tidak digunakan.

Untuk instalasi ini saya mendownload ISOnya dari idREPO:

http://linuxmint.idrepo.or.id/linuxmint/linuxmint.com/stable/13/linuxmint-13-mate-dvd-32bit.iso

untuk versi 64 bit atau edisi lain bisa di lihat di halaman download linuxmint.

Kelebihan Linuxmint 13 MATE

Beberapa fitur yang membuat saya memutuskan untuk menginstall Linuxmint 13 MATE ini adalah:

  • Menggunakan MATE
    MATE adalah desktop forking dari gnome classic (versi 2x) yang memiliki tampilan dan panel sama seperti GNOME 2. Saya menyukai tampilan desktop seperti ini karena lebih menghemat waktu saya (untuk belajar desktop baru) sekaligus friendly dengan PC jadul yang tidak mendukung 3D.
  • Bundel Codec Proprietary
    Codec MP3, MP4, 3GP, AVI, WMV, MPG dan lainnya sudah terintegrasi. Termasuk didalamnya flash player terbaru serta JRE.
  • Aplikasi Terkini
    Aplikasi yang dibundel adalah aplikasi terkini, misalnya firefox 12. Sedangkan Ubuntu 12.04 pada instalasi standarnya mengemas Firefox 11. Ini karena Ubuntu di rilis beberapa bulan sebelumnya :-)
  • Pilihan Aplikasi Mengena
    Pilihan aplikasi yang dibundel sangat bagus dan cocok sesuai selera. Thunderbird, gnome mplayer, vlc, banshee, gimp, xchat dan lainnya sudah ada.
  • Tema Desktop Keren
    Sungguh, saya mulai timbul rasa tidak suka ketika Ubuntu beralih rupa dari coklat menjadi ungu. Apalagi sejak menggunakan Unity. Apalagi ketika alternatifnya, GNOME ikutan trend, lebih menambah kekecewaan saya :-)

Membuat USB Installer

Linux bisa diinstall menggunakan berbagai macam media, mulai dari CDROM, USB, Hardisk, bahkan melalui Jaringan sekalipun. Saya sendiri menggunakan USB Installer karena CDROM di notebook sudah rusak.

Untuk membuat USB installer ini saya menggunakan aplikasi uNETbootin dari http://unetbootin.sourceforge.net. uNETbootin ini tersedia untuk Windows dan Linux.

Untuk pengguna Ubuntu bisa menggunakan tool USB Creator. Tidak ada yang sulit dalam membuat USB installer menggunakan NETbootin. Colok USB flash disk anda (ukuran 1Gb ke atas), pilih file ISOnya lalu klik OK.

Tahapan Instalasi Linuxmint 13 MATE

Setelah membuat USb installer. Reboot menggunakan USB/CDROM dan masuk ke mode livecd. Pada desktop, terdapat ikon Install. Jalankan installernya dengan meng-klik 2 kali pada ikon tersebut.

Memilih Bahasa

LinuxMint Select Language

Pada layar terdapat beberapa pilihan bahasa. Bahasa yang anda pilih nantinya akan menjadi bahasa default desktop anda. Saya memilih bahasa Inggris.

Memeriksa Persyaratan Minimum

prepare requirements

Untuk peringatan terakhir, ketiadaan koneksi jaringan bisa diabaikan. lanjutkan dengan mengklik forward.

Memilih Jenis Instalasi

Selanjutnya kita akan memilih jenis instalasi yang akan dilakukan. Baca baik-baik petunjuknya lalu putuskan.

linuxmint install type

 

  1. Pilihan pertama adalah menginstall multi OS.
    Jika anda belum mempersiapkan partisi khusus, anda dapat membuatnya langsung disini. Installer akan mengambil ruang kosong dari partisi yang telah ada.
  2. Pilihan kedua adalah menghapus semua hardisk.
    Pilih ini jika anda memiliki hardisk baru atau ingin menggunakan keseluruhan hardisk dan menghapus sistem operasi sebelumnya.
  3. Pilihan ketiga adalah membuat pilihan sendiri.
    Pilih ini jika anda ingin mengatur partisi apa yang akan digunakan. Pilih ini jika anda ingin membuat partisi khusus selain partisi default (/, /home dan swap) yang dibuat 2 metode instalasi sebelumnya.

Membuat Partisi untuk Linuxmint

Saya memilih pilihan ketiga karena akan menggunakan partisi sebelumnya yang telah digunakan oleh Ubuntu. Pertama kali saya membuat (lebih tepatnya mengalokasikan) partisi untuk system atau root ( / ). Saya mengalokasikan 5 Giga dan system file ext4 untuk ini. Saya juga memilih untuk mem-formatnya.

root partition

Kemudian saya membuat partisi untuk home, tempat data-data akan disimpan. Partisi lama saya menggunakan ext3, di partisi ini masih tersimpan file-file pekerjaan, film, musik dan sebagainya.

Untuk partisi /home saya memilih partisi yang telah ada, meng-assign format ext3 (sama dengan tipe filesystem sebelumnya) serta TIDAK memformatnya. Lain halnya jika anda membuat partisi baru, harus diformat.

home partition

Selanjutnya dalah membuat partisi swap. Partisi swap ini sebenarnya bersifat opsional, jika RAM anda besar mungkin anda tidak perlu menggunakan partisi swap. Jika sebaliknya, ada baiknya membuat partisi swap. Formula yang populer adalah 2x kapasitas total RAM anda.

swap partition

Setelah selesai, anda siap untuk proses peng-copy-an. Pastikan partisi yang anda buat tidak salah, jangan sampai anda memformat partisi yang berisi data. Jika sudah barulah menekan tombol Install Now.

final partition

Memilih Zona Waktu

time zone

Selanjutnya adalah memilih zona waktu. Ini juga akan menentukan setting regional (seharusnya), seperti format mata uang, format waktu dan lainnya yang berkaitan. Sayangnya, ini tidak terjadi :-(

Memilih Layout Keyboard

pada pemilihan keyboard saya membiarkannya pada pilihan default dan langsung menekan forward.

select keyboard

Membuat User Baru

Di tahap ini kita membuat user baru. Jika anda memiliki user sebelumnya di partisi /home yang telah dialokasikan, gunakan username yang sama.

users

Enkripsi /home bisa juga anda pilih untuk keamanan tambahan :-) Ditahap selanjutnya, anda sudah bisa bersantai. Sambil menunggu instalasi selesai silahkan menikmati slideshownya :-)

slideshow

Instalasi Selesai

Jika sudah selesai, silahkan reboot atau melanjutkan menggunakan livecd.

install finish

Tampilan login baru ala Linuxmint dan MATE :-)

login window

Jika anda memiliki pertanyaan dan kesulitan, silahkan mengkontak saya di Berugak Community.

Comments
kazztan0325 8 years ago

@amrinz:
It seems you forgot to input URL of image file for "login window", so we cannot see the image.
Would you please correct it when you have time?
Thank you.